Tuesday, November 19, 2013

6 Alasan Pentingnya Desain Cover Sebuah Buku

6 Alasan Pentingnya Desain Cover Sebuah Buku

novels

Pentingnya desain cover suatu buku memang tidak terlalu penting bagi orang-orang yang bekerja diluar bidang desain grafis. Tentunya mereka berpikir bahwa mereka telah bekerja keras pada naskahnya. Mereka pun berpikir bahwa inti dalam membeli buku adalah isinya, bukan desain cover nya.
Tetapi, apakah Anda pernah berpikir bahwa desain cover termasuk hal yang sangat penting dalam penjualan buku?. Semakin menarik sebuah desain cover buku, maka itu membuat orang tertarik untuk meiliriknya, memegangnya kemudian melihat sinopsisnya. Dapat dikatakan bahwa desain cover buku adalah pandangan pertamanya para pelanggan yang hendak membeli buku. Memang banyak sekali orang yang mengatakan “Don’t Judge A Book With Their Covers”, tetapi dalam kenyataannya, orang-orang melihat buku dari desain covernya. Inilah 6 alasan mengapa desain cover sebuah buku sangat penting.
1.     Anda dapat menampilkan buku Anda di toko, atau online. Tanpa itu Anda hanya memiliki halaman judul.
pub_dracula_01
Tentunya Anda tidak ingin bukan buku Anda hanya tulisan besar ditengah kertas putih? Tentunya jarang sekali toko yang mengizinkan buku Anda yang desain covernya seperti itu. Selain tidak menarik, hal itu seperti buku yang dikerjakan ala kadarnya.
2.     Anda dapat membiarkan orang tahu apa genre buku Anda.
Dengan adanya desain cover, Anda dapat mendesain tema sesuai dengan jenis buku Anda. misalnya, jika jenis buku Anda kartun dan spesialisasi ditunjukan kepada anak-anak, Anda dapat membuat sedikit kartun dengan gambar yang menarik.
3.     Anda dapat menampilkan gambar yang penting untuk buku, untuk misalnya: Sebuah karakter, tempat, obyek.
goodvsbad
Sebagai contoh. Jika judul buku Anda “Ayunan Kecilku”, Anda dapat menampilkan gampar ayunan di halaman rumah sebagai desain covernya. Itu akan membuat buku Anda lebih hidup dan menarik.
4.     Anda dapat menonjol di antara pesaing Anda.
Semakin bagus desain cover Anda, tentunya pelanggan akan lebih memilih buku Anda daripada pesaing Anda.
5.     Ini adalah tampilan profesionalisme.
Desain cover sebuah buku membuat Anda lebih professional. Karena Anda mempertimbangkan segala aspek dalam pembuatan buku. Tidak hanya segi naskah, tetapi juga segi desain grafisnya.
6.     Hal ini dapat menyampaikan rasa cerita, misalnya: apakah aneh, sedih, ceria, atau gelap?
Jika Anda menceritakan sebuah kisah percintaan, dan cerita tersebut berakhir dengan akhir yang bahagia, Anda bisa menggambarkannya ke dalam desain cover buku Anda. Seperti menunjukkan keceriaan melalui warna dan gambar pilihan. Itu akan membuat pelanggan menebak – nebak apakah yang ada didalam buku tersebut.
Sebagai penerbit dari buku Anda sendiri, tentunya Anda memiliki keuntungan. Anda dapat memiliki suara dalam bagaimana desain cover Anda, dari awal sampai akhir. Anda bisa memberikan stempel persetujuan Anda di atasnya. Jika anda menggunakan penerbitan lain, anda harus berani mengatakan pendapat anda, karena ada banyak contoh penulis yang membenci desain cover buku mereka. Ini juga berarti itu tanggung jawab Anda untuk menyetujui sebuah buku menutupi / membuat desain cover buku yang Anda merasa benar-benar mencerminkan cerita Anda. Anda memiliki banyak hal untuk dipertimbangkan, dan saat pembaca akan mengambil buku Anda adalah setengah pertempuran!
Desain Cover buku Anda sama pentingnya dengan uraian dan judul buku Anda. Jadi, jangan pernah menyepelekan desain cover buku Anda. Mulailah mencari ide untuk desain cover buku Anda, kemudian cobalah menggambarkannya dan menjadikannya nyata.
Salam,
Ryan Gondokusumo

0 komentar:

Post a Comment